Monday, December 19, 2011

Tetap Lincah Meski Menggenggam Tablet

Bagi sebagian orang, membawa tablet berukuran 10 inci sangat merepotkan. Terutama mereka yang lincah dan aktif.

Itulah mengapa berbagai produsen tablet menghadirkan alternatif produk dengan ukuran 7 inci, atau bahkan lebih kecil lagi. Salah satunya, Acer Iconia Tab A101 yang telah hadir di Indonesia sejak pertengahan November lalu.



Desain

Iconia Tab A101 hadir dengan ukuran layar 7 inci. Ukuran yang ringkas itu membuatnya bisa dibawa dengan lebih praktis, misalnya dimasukkan dalam saku belakang celana.

Dari sisi penampakan, Iconia Tab A101 memiliki case berbahan aluminum di bagian belakangnya. Permukaannya halus namun jika dilihat tampak seperti ada teksturnya.

Bagian "kulit" lain dari perangkat ini terbuat dari plastik. Perlu agak berhati-hati agar tidak terjatuh karena bagian plastik ini rentan lepas.



Performa


Layar 7 inci-nya memiliki resolusi 1024 x 600 pixel. Gambar yang dihasilkan cukup tajam dan baik untuk penggunaan dalam ruangan.

Prosesor Dual Core Tegra di dalamnya mendukung performa perangkat ini. Aplikasi game High Definition bisa berjalan lancar di atasnya.

Untuk kamera, Iconia Tab A101 dilengkapi kamera belakang 5MP dan kamera depan 2MP. Gambar yang dihasilkan menunjukkan kalau perangkat ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti kamera fotografi.

Namun, pilihan filter dan fitur pada aplikasi kamera dan video bawaannya cukup jadi pelipur lara. Salah satu yang menarik, ada kemampuan time lapse video.

Bagi mereka yang mau menikmati konten video dengan layar lebih besar, Iconia Tab A101 bisa dihubungkan dengan perangkat High Definition melalui output HDMI (mini) yang tersedia.

Acer Iconia Tab A101 menggunakan sistem operasi Android Honeycomb 3.2. Untungnya, pilihan aplikasi untuk Honeycomb sudah mulai banyak. Mulai dari produktivitas hingga sosial media.

Meski demikian, untuk menjadikannya perangkat utama memang masih sulit. Tablet yang ada saat ini, apapun mereknya, memang belum ada yang cocok sebagai alat kerja utama.

Kesimpulan


Perangkat ini cocok digunakan mereka yang butuh tablet namun memiliki mobilitas tinggi. Ukurannya pas untuk dimasukkan saku kantung belakang tanpa terasa terlalu membebani.

Jika dimasukkan ke dalam tas pun ia tak butuh tas yang terlalu besar. Tak heran Acer mencoba memposisikan perangkat ini bagi kalangan wanita, karena bisa "diselipkan" dalam tas tangan.

Secara umum, Iconia Tab A101 cocok sebagai gadget pendamping, untuk berbagai keperluan saat butuh kelincahan tinggi. Kemampuan 3G-nya membuat Iconia Tab A101 tak bergantung ada atau tidaknya WiFi di lokasi untuk terhubung ke internet.

No comments:

Post a Comment