Thursday, December 15, 2011

Ketar Ketir.....Apakah Layanan BlackBerry Akan Dihentikan?

blackberry-stop
Sebuah pertanyaan yang menarik untuk saya, mengapa? Karena di Indonesia, sudah banyak orang yang menggunakan BlackBerry sebagai ponselnya. Hampir semuanya tertarik untuk memiliki BlackBerry karena layanan BlackBerry, salah satu keunggulannya adalah fitur BlackBerry Messengger (BBM), yaitu fitur chat sesama pengguna BlackBerry.
Karena banyaknya para pengguna BlackBerry tersebutlah, maka Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menghimbau kepada perusahaan pembuat BlackBerry, yaitu Research in Motion (RIM) untuk membangun server lokalnya di Indonesia. Himbauan tersebut sudah diminta sejak tahun 2009 lalu, namun sampai sekarang belum dibangun server tersebut.
heru-sutadi-brti
Salah seorang anggota BRTI bernama Heru Sutadi memberikan pernyataan, “”Kalau mereka tidak mau membangun server di sini, mendingan jangan usaha di sini. Layanan BIS akan dihentikan sehingga ponsel BlackBerry akan seperti ponsel biasa,”. Tambahnya lagi “BlackBerry lebih disukai di Indonesia, tetapi malah dibangun server di Singapura dan membangun pabrik di Malaysia. Kita seperti diinjak-injak RIM,”
BRTI memiliki alasan mengapa RIM diminta untuk membangun server lokal di Indonesia, yaitu agar pengiriman layanan BIS termasuk Blackberry Messenger (BBM) lebih cepat, pertukaran informasi lebih aman, dan biaya layanan BIS akan makin murah.
kantor_pusat_rim__produsen_blackberry_di_kanada
Selain itu, pengguna BlackBerry di Indonesia telah mencapai 5 juta orang. Perkiraan keuntungan RIM akan BlackBerry di sini sangatlah besar, seandainya harga perangkat BlackBerry per unit sekitar Rp 3 juta maka RIM akan mengantongi dana Rp 15 triliun. Belum lagi paket layanan BlackBerry Internet Service dengan rata-rata seharga Rp 100.000 per bulan, sehingga total transaksi layanan BlackBerry Internet Service yang masuk ke RIM mencapai Rp 300 miliar per bulan.
Jadi, karena BlackBerry lebih disukai di Indonesia namun kurang diperhatikan, maka pihak BRTI akan memutuskan layanan BlackBerry Internet Service agar BlackBerry menjadi ponsel biasa aja seperti yang lainnya.
Akankah hal ini terjadi? Bagaimana dengan nasib para pengguna BlackBerry?
autis_pengguna-blackberry-wanita-cantik1
Mari kita lihat apa yang akan terjadi selanjutnya…

No comments:

Post a Comment