Monday, November 21, 2011

Telkom Ingin Naik Kelas di Ajang Berkelas Dunia

Tentu bukan tanpa alasan Telkom tampil habis-habisan dalam menyediakan fasilitas telekomunikasi untuk KTT ASEAN ke-19 dan KTT Asia Timur di Nusa Dua, Bali.

Ajang bergengsi yang juga dihadiri Presiden AS Barrack Obama ini jadi sarana bagi Telkom yang masih tercatat di bursa saham New York untuk unjuk gigi di mata dunia.

"Keberhasilan Telkom mendukung KTT ASEAN 2011 mengukuhkan kami sebagai operator kelas dunia," kata Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah, dalam press release, Senin (21/11/2011).

Selaku telecommunication partner ajang ini, Telkom menyediakan fasilitas telepon tak kurang dari 181 satuan sambungan (SST) yang tersebar di berbagai titik guna memastikan kelancaran para delegasi maupun media dalam berkomunikasi.

"Meskipun dipastikan para delegasi maupun para peliput selalu membawa telepon selular tetapi kami meyakini layanan telepon yang kami sediakan akan sangat bermanfaat dan sangat membantu kelancaran KTT," terang Rinaldi.

Akses internet cepat juga menjadi perhatian Telkom. Guna mendukung kebutuhan komunikasi data, disediakan bandwidth internet 6 Gbps di area penyelenggaraan konferensi.

Di media centre, Telkom menyiapkan 300 PC desktop yang dapat digunakan media dan tambahan 200 titik akses yang dapat digunakan siapa saja untuk terhubung ke jaringan ineternet.

Telkom juga menyediakan dua akses uplink dan downlink untuk keperluan pengiriman siaran televisi yang masing-masing menggunakan akses ke satelit Telkom-1 dan satelit ChinaSat.

"Mobil unit pengiriman satelit bersiaga di sekitar lokasi penyelenggaraan KTT sehingga media asing maupun lokal dapat memanfaatkannya dengan mudah," kata Rinaldi.

Solusi telekomunikasi terintegrasi yang difasilitasi Telkom meliputi link dari Media Center dan ruang konferensi di Bali Nusa Dua Convention Centre untuk siaran TV broadcasting ke dalam dan luar negeri (Telecast) melalui jaringan satelit Telkom.

Dukungan teknologi informasi yang difasilitasi Telkom juga tersebar di berbagai lokasi lain, antara lain Kedutaan Amerika Serikat, Kedutaan Besar India, Bandara Ngurah Rai, Paspampres, kepolisian, dan hotel-hotel tempat para delegasi dan media menginap.

"Kami berkomitmen untuk selalu menghadirkan teknologi inovatif dan solusi komunikasi terbaik dalam mendukung kesuksesan acara, termasuk tim terbaik yang akan memastikan kehandalan layanan selama 24 jam," tukas Rinaldi.

Sementara untuk memastikan kehandalan jaringan yang tersedia, tidak kurang 15 petugas yang berpengalaman melayani berbagai perhelatan akbar selalu siap 24 jam di lokasi.

Tak pelak, kata Rinaldi, upaya ini mendapatkan pujian dari tim teknis dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Pujian dan apresiasi itu secara khusus disampaikan oleh IT Chief Officer Kedubes AS untuk Indonesia, P Rodney Cordell.

"Rodney mengatakan kepada kami, layanan yang diberikan Telkom pada KTT tersebut merupakan yang terbaik. Rodney juga memberi acungan jempol terhadap kerja keras serta profesionalitas Telkom," kata Eddy Kurnia, head of Corporate Communication & Affair Telkom.

Pujian juga disampaikan Jackie dan Kenneth Hill dari tim pendahulu Gedung Putih atau White House Advance Team. Mereka mengaku sangat terbantu dengan layanan ICT yang sangat mendukung kelancaran kunjungan Presiden Barack Obama di Bali.

"Untuk kesekian kalinya Pemerintah AS memberikan kepercayaan kepada Telkom menyiapkan ICT pendukung kegiatan Kunjungan Presiden Obama khususnya dalam rangka 19th ASEAN and EAST ASIA Summits 2011," kata Rinaldi.

Dukungan Telkom untuk acara besar sepert ini bukanlah yang pertama. Telkom telah beberapa kali dipercaya menjadi official telecommunication partner di ajang internasional.

"Seperti saat kunjungan Obama beberapa waktu lalu, World Islamic Economic Forum (WIEF), Peringatan 50 tahun Konferensi Asia Afrika, APEC, United Nations Framework Convention on Climate Change Conference (UNFCCC), serta saat World Ocean Conference," pungkas Rinaldi.

No comments:

Post a Comment